Menjaga Kebersihan Lingkungan

5 Fakta yang Harus Kamu Tau Tentang Daur Ulang Sampah Rumah Tangga

Dalam menjalankan aktifitas kita sehari – hari kita pasti akan selalu menggunakan berbagai produk rumah tangga tanpa harus memikirkan apa yang bisa terjadi nanti saat kita membuang bekasnya.

Mungkin seringkali kita berpikir bahwa jika sudah jadi sampah yang dibuang ke dalam tempat sampah stainless steel, maka sudah urusannya petugas kebersihan dan kita sudah tidak mau tau lagi apa yang akan terjadi pada sampah bekas kita tersebut.

Padahal memang ada beberapa sampah yang sebetulnya masih bisa kita daur ulang jika kita mau. Nah makanya di sini kita akan sebutkan beberapa fakta menarik seputar sampah rumah tangga yang harus kamu ketahui. Ini dia :

  1. Botol plastik sulit didaur ulang

Botol plastik yang setiap hari anda beli adalah sebuah benda yang sulit untuk terurai oleh alam secara alami. Selain itu sampah plastik botol minuman juga menjadi sulit untuk didaur ulang apalagi jika bentuknya sudah ada yang rusak. Bila pun didaur ulang, maka kualitas dari botol plastik itu sudah berkurang.

  1. Minuman kaleng

Apakah anda pernah terbesit sebuah pikiran ketika anda membeli sebuah minuman kaleng bahwa kaleng yang digunakan itu adalah kaleng daur ulang atau bukan ?

Kaleng yang dibuat dari proses daur ulang bisa menghemat banyak energi sebanyak 95% dan bisa mengurangi polusi udara sebesar 95% apabila dibandingkan dengan ektraksi pembuatan kaleng langsung melalui proses tambang hingga proses pabrikasi.

Alumunium yang dibuat dari proses awal secara murni sama halnya dengan pembuatan 20 kaleng daur ulang.

  1. Jangan buang kertas

Nah soal kertas, pasti kamu memiliki banyak kertas bekas di rumah. Biasanya untuk memusnahkannya kita sering kali membakarnya atau membuangnya begitu saja.

Padahal taukah kamu bahwa kertas ternyata masih bisa didaur ulang dan daur ulang 1 ton kertas dapat menghemat 17 pohon meskipun kertas daur ulang kualitasnya tidak sebagus kualitas kertas baru.

Itulah beberapa fakta menarik soal sampah rumah tangga. Bagaimana? Mulai sekarang coba perlahan kita manfaatkan sampah yang ada rumah kita untuk didaur ulang.